Penyebab Serangan Jantung, Berikut Penyebabnya



Penyakit jantung memang kerap disebut sebagai silent killer, sebab bisa menyerang siapa pun dan kapan pun hingga mengakibatkan kematian. Beberapa dekade lalu, penyakit ini memang lebih banyak dilatari faktor usia. Yakni pada pria sekitar di atas 50 tahun sementara perempuan pada usia di atas 65 tahun.

Tapi studi terbaru menunjukkan orang-orang yang masih muda justru rentan pula terserang jantung. Mereka berusia antara 20 hingga 40 tahun.

Lalu, apa penyebab serangan jantung pada orang-orang usia muda? Faktor usia, seperti yang kita lihat, masuk ke dalam faktor risiko penyakit jantung yang juga bisa memicu serangan jantung. Meski begitu, angka penderita serangan jantung di usia muda terus meningkat. Beberapa penyebab yang mungkin berkontribusi terhadap masalah kesehatan jantung antara lain:

1. Diabetes tipe 2

Menurut para ahli jantung, meningkatnya jumlah diabetes tipe 2 adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk serangan jantung pada kelompok orang muda. Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan tidak mampu menyerap dan menggunakan insulin untuk memproses gula dalam darah.

2. Obesitas

obesitas kemungkinan merupakan faktor lain yang berkontribusi terhadap tingginya risiko serangan jantung di kalangan kaum muda. Obesitas adalah faktor risiko diabetes tipe 2. Ini juga merupakan penanda gaya hidup yang buruk, tidak aktif, dan diet yang tidak sehat. Baca juga: Penyebab Serangan Jantung pada Pria di Bawah 40 Tahun

3. Pola makan tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan obesitas. Kondisi ini juga dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh, dan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Diet yang tidak sehat dari makanan olahan dan siap saji, misalnya, dapat secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung. Makanan ini tinggi gula, garam, dan karbohidrat olahan.

4. Pola hidup tidak aktif

Pola hidup tidak aktif adalah salah satu faktor utama yang meningkatkan risiko banyak penyakit kronis, karena menjadi salah satu alasan orang bertambah berat badan. Saat kita berolahraga, detak jantung akan meningkat sementara dan kemudian turun kembali, yang memperkuat jantung dan membuatnya lebih sehat. Kurang olahraga akan membuat kehilangan manfaat ini.

Menurut kardiolog, penyakit jantung umum terjadi pada perempuan dan laki-laki usia 55 tahun ke atas, namun kini diskusi di kalangan rumah sakit dan sekolah kedokteran tentang penyakit jantung di usia muda semakin umum dilakukan. Serangan jantung bisa menjadi fatal dan menyebabkan kematian mendadak.

Satu-satunya cara untuk mengurangi insiden serangan jantung di usia muda adalah lewat pencegahan. Usahakan menerapkan pola makan dan pola hidup sehat, termasuk melakukan aktivitas fisik, mengurangi rokok, menghindari konsumsi alkohol, dan lainnya.

Sumber

Latest
Previous
Next Post »
1 Komentar